Sandiaga Uno Jadikan Titik Nol Kilometer Sota Merauke Destinasi Wisata Perbatasan

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:00 WIB
loading...
Sandiaga Uno Jadikan...
Sandiaga Uno mengunjungi Titik Nol Kilometer Sota di Merauke, Papua Selatan. Ia berencana menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata perbatasan. Foto/Syahrir Muslimin
A A A
MERAUKE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Titik Nol Kilometer Sota di Merauke, Papua Selatan. Ia berencana menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata perbatasan di ujung timur Indonesia.

Setibanya di Bandara Mopah Merauke, Sandiaga disambut oleh Penjabat Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriady, beserta jajaran Forkopimda. Prosesi penyambutan diiringi tarian khas Papua yang penuh dengan kehangatan budaya setempat.

Sandiaga kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Titik Nol Kilometer Sota, yang berlokasi di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, menempuh perjalanan darat selama satu jam. Titik Nol ini terletak di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Ini sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata, terutama berkaitan dengan sports tourism," kata Sandiaga di Titik Nol Kilometer Sota, Merauke, Papua Selatan, Rabu (9/10/2024).



Dalam kunjungannya, Sandiaga mengumumkan bahwa pada bulan November mendatang, pemerintah akan menggelar acara nasional berupa bersepeda dan berlari di kawasan tersebut. Hal ini guna mempromosikan Titik Nol Kilometer Sota sebagai destinasi wisata unggulan di ujung timur Indonesia.

"Saya akan menggagas sebuah event nasional bersepeda dan berlari. Jadi bersepedanya dari Merauke, 79 atau 77 ke sini. Berlari mungkin sekitar 7,9," jelasnya.

"Ada dua opsi, bisa kita kembali menggunakan kendaraan atau bersepeda kembali ke Merauke. Jadi ada dua pilihan untuk 150 lebih, atau 77 sepeda dan kedua yang larinya 7,9 atau larinya 4 kilo," tambahnya.

Acara ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga dapat mendorong perkembangan pariwisata di wilayah perbatasan.



"Jadi itu akan kita rancang, mudah-mudahan bulan November sebelum selesai, akhir tahun ini kita selenggarakan," tandasnya.

Pada kesempatan ini, Sandiaga juga menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang di Pasar Sota. Ia menyerahkan sertifikat, serta membuka workshop peningkatan inovasi dan kewirausahaan bagi pelaku UMKM.

Selain itu, Sandiaga juga mengunjungi stand UMKM di kompleks RRI Merauke untuk mendukung pengembangan usaha mikro di Papua Selatan.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)